Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis (KMBM)

Literasi Bahasa Indonesia

Di zaman ini kemampuan untuk memahami dan menulis sangat diperlukan, seperti yang kita tahu bahwa Indonesia termasuk ke dalam nilai literasi yang cukup rendah dibandingkan dengan negara lain. Berdasarkan laporan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), nilai budaya literasi Indonesia sebesar 57,4 poin pada 2022. Nilai tersebut tercatat meningkat 5,7% dibandingkan tahun sebelumnya yang sebesar 54,29 poin.

Kali ini Kemendikbudristek sudah membuat sebuah tes yang di mana untuk siswa-siswi muda yang ingin melanjutkan kuliah , yaitu dengan mengikuti tes yang disebut (Seleksi Nasional Berbasis Tes) SNBT. SNBT merupakan sebuah program tes yang ditujukan kepada calon mahasiswa untuk melanjutkan pendidikan dengan mengikuti ujian/tes (Ujian Tulis Berbasis Komputer) UTBK.

Di dalam UTBK juga materi yang diujikan, yaitu:

Tes Potensi Skolastik (TPS):

  • Kemampuan Penalaran Umum (KPU),
  • Pengetahuan Kuantitatif (PK),
  • Pengetahuan dan Pemahaman Umum (PPU),
  • Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis (KMBM).

DI sini kita akan membahas salah satu materi dari TPS, yaitu Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis. 

Baca Juga: Pemahaman Dasar Pengetahuan dan Pemahaman Umum

Apa itu Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis

Kemampuan membaca dan menulis adalah kumpulan pengetahuan yang diperoleh seseorang yang meliputi kemampuan dasar dalam membaca, kelancaran membaca, dan keterampilan menulis yang diperlukan untuk memahami bahasa tulis dan ekspresi pikiran melalui tulisan. Kemampuan ini mencakup kemampuan-kemampuan dasar dan kemampuan yang lebih kompleks seperti memahami wacana tertulis dan menulis cerita.

Pada dasarnya, KMBM menguji kita akan pemahaman bagaimana penulisan yang teratur dan dapat dibaca dengan baik. 

Pernah gak kamu liat yang di mana soalnya itu menyuruh kalian untuk mencari kata baku atau tidak baku, mengisi penggalan, penggunaan koma, penulisan imbuhan.

Contoh (1):

(4)Secara umum, fungsi pendidikan ini adalah untuk membentuk karakter peserta didik agar menjadi orang yang bermoral dan berakhlak mulia, toleran, serta tangguh dan berkelakuan baik.(5)Pendidikan karakter erat kaitannya dengan pendidikan moral.6Oleh karena itu, pendidikan karakter …

Pernyataan yang paling tepat untuk melengkapi kalimat (6) adalah …

a. harus dibelajarkan di semua jenjang pendidikan 

b. menjadi bagian penting dalam kehidupan 

c. tidak dapat dibedakan dengan pendidikan moral 

d. tidak dapat dipisahkan dengan pendidikan moral

e. merupakan bagian penting dari pendidikan moral

(sumber: Tes Simulasi 2024 – SNPMB)

contoh (2)

(1)Perubahan iklim terhadap kualitas udara di dunia selalu dilaporkan oleh World Meteorological Organization (WMO) setiap tahun. (2)Menurut …, musim panas tahun 2022 merupakan musim panas terpanas yang pernah tercatat di Eropa. (3)Rekor ini kemudian dipecahkan pada tahun 2023. (4)Gelombang panas berkepanjangan menyebabkan peningkatan konsentrasi materi partikulat (PM) 2,5 dan ozon di permukaan tanah.(5)Ratusan lokasi pemantauan kualitas udara melampaui tingkat pedoman kualitas udara ozon WHO, yakni sebesar 100 mikron per meter kubik untuk paparan selama delapan jam. (6)Hal ini pertama kali terjadi di barat daya Eropa, bergeser ke Eropa tengah, dan kemudian menyebar ke seluruh benua.(7)Selama paruh kedua Agustus 2022, terjadi intrusi debu gurun, yang sangat tinggi di Mediterania dan Eropa. (8)Campuran suhu tinggi, jumlah aerosol yang tinggi, dan juga kandungan PM 2,5 berdampak pada kesehatan dan kesejahteraan manusia.

Penggunaan tanda koma yang salah terdapat pada kalimat … 

(sumber: Tes Simulasi 2024 – SNPMB)

a. 1

b. 3

c. 5

d. 7

e. 8

Berdasarkan soal-soal di atas hanyalah contoh yang akan diujikan nanti.

Materi Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis 

Berbagai materi diperoleh berdasarkan soal-soal yang pernah dijumpai pada saat masa sekolah, dimulai dari menentukan topik utama, kalimat efektif, penulisan yang benar, dll.

Berikut ini adalah daftar materi  bahasa Indonesia yang termasuk ke dalam KMBM, di antaranya:

  • Penentuan Judul 
  • Kata Ganti 
  • Petunjuk Penggunaan Istilah 
  • Imbuhan 
  • Kata Hubung Ejaan dan Tanda Baca Kalimat Baku

Baca Juga: APA ITU TES POTENSI SKOLASTIK?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top