Terbaru! Inilah Peminatan Desain Produk ITB 2025

Peminatan Desain Produk ITB 2025

Di era desain yang sedang berkembang saat ini, menjadi desainer biasa saja tidak cukup. Mahasiswa Desain Produk kini dituntut untuk memiliki keahlian yang tinggi dan mampu menghadapi tantangan industri masa kini. Menerima jawaban itu, Institut Teknologi Bandung (ITB) membuat program terbaru, yaitu Skema Depth (Peminatan Desain Produk), sebuah jalur peminatan yang dirancang untuk membantu mahasiswa memperdalam kompetensi mereka di bidang yang lebih spesifik—tanpa mengurangi pacuan jurusan itu sendiri.

Seperti apa peminatan Desain Produk ITB, mari kita bahas!

Peminatan Prodi ITB

Peminatan Program Studi ITB merupakan mekanisme dalam kurikulum ITB yang memungkinkan mahasiswa memperdalam keilmuan prodi yang ditempuh setelah menjalani masa TPB (semester 1-2). Di Kurikulum 2024, ITB menawarkan tiga jenis skema peminatan, yaitu:

  • Skema Depth: Paket spesialisasi yang memperdalam bidang dari jurusan
  • Skema BreadthPaket double mayor di mana mahasiswa mengambil dua prodi sekaligus
  • Skema Depth & Breadth: Paket skema pengembangan wawasan baik di dalam maupun luar prodi tanpa batasan paket

Skema ini memungkinkan mahasiswa memilih jalur pengembangan keilmuan yang lebih terarah, baik dalam bentuk Skema Depth, Skema Breadth, ataupun keduanya.

Mahasiswa dibebaskan memilih satu atau lebih paket skema sesuai dengan minat, rencana karier, atau fokus penelitian mereka dan mulai ditempuh di semester 5. Paket skema tersebut terdiri dari empat mata kuliah tematik yang saling terhubung, dan jika diselesaikan, akan dicantumkan resmi dalam transkrip akademik maupun SKPI (Surat Keterangan Pendamping Ijazah).

Walaupun begitu, skema ini bersifat tidak wajib atau opsional untuk diambil. Jika tidak ambil, kamu tidak akan dapat sanksi atau pelanggaran apapun, tetapi masih bisa menggantinya dengan mata kuliah pilihan—bebas sesuai minat.

Paket Spesialisasi Desain Produk ITB

Sebagai bagian dari Kurikulum 2024, prodi Desain Produk ITB menerapkan Skema Spesialisasi (Depth) gunanya untuk memperdalam keahlian sesuai dengan minat prodi yang mereka tempuh. Untuk mendukung perkembangan kompetensi mereka, Peminatan Desain Produk ITB menawarkan paket spesialisasi yang dirancang untuk kebutuhan industri, teknologi, sosial budaya, dan konseptual desain. Berikut adalah pilihan paket spesialisasi dan mata kuliahnya yang tersedia.

Desain dan Mobilitas Manusia

Skema spesialisasi yang menekankan desain produk industri dan aspek multi-dimensional mobilitas manusia. Dalam skema ini, mahasiswa akan memperkuat pengetahuan dan keterampilan menggunakan prinsip industrial untuk mentransformasi cara manusia melakukan navigasi, berpindah, dan berinteraksi dalam lingkungannya secara aktif. Dengan mata kuliah:

  • Desain dan Faktor Manusia I (3 SKS)
  • Desain Mobilitas (3 SKS)
  • Desain Konseptual (3 SKS)
  • Kolaborasi Industri (3 SKS)

Desain Produk Pintar

Skema spesialisasi yang menekankan antara aspek desain produk industri, rekayasa berbasis teknologi digital, bisnis digital, ergonomi kreatif kognitif, dan pengalaman pengguna.  Dalam skema ini, mahasiswa akan memperkuat pengetahuan dan keterampilan untuk mengembangkan produk pintar yang inovatif, fungsional, ramah pengguna, dan bernilai komersial. Dengan mata kuliah:

  • Desain Pengalaman Pengguna (3 SKS)
  • Berpikir Desain dan Inovasi I (3 SKS)
  • Bisnis Desain (3 SKS)
  • Projek Lintas Disiplin (3 SKS)

Desain dan Konteks Budaya

Skema spesialisasi yang menekankan antara praktika desain dengan dimensi budaya yang dimunculkan, dibentuk dan/atau dipengaruhinya. Dalam skema ini, mahasiswa akan memperkuat pengetahuan dan keterampilan untuk mengembangkan pemahaman nilai budaya, tradisi dan komunitas, serta konteks estetik, fungsionalitas, dan pengalaman pengguna. Dengan mata kuliah:

  • Desain Produk Berbasis Kriya
  • Transformasi Produk Tradisi I
  • Strategi Desain
  • Pengembangan Komunitas dan Industri kreatif I

Desain Produk Konseptual

Skema spesialisasi yang menekankan konsep desain masa depan dalam pemecahan masalah kreatif, inovatif, dan berwawasan keberlanjutan. Dalam skema ini, mahasiswa akan memperkuat pengetahuan dan keterampilan untuk membangun ide, mengembangkan imajinasi, dan konsepsi desain berlandaskan pengetahuan sains dan teknologi termutakhir. Dengan mata kuliah:

  • Desain dan Material Masa Depan
  • Desain Produk Sirkular
  • Desain Biomimikri
  • Desain dan Emosi

Di peminatan desain produk terbaru ini, setiap mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengekplorasi ekspresi dan keunikan diri melalui paket spesialisasi. Bagi seorang desainer, skema ini tidak hanya menambah pengetahuan dan keterampilan bidang studi yang ditempuh, tetapi juga berpikir strategis dalam memecahkan masalah, berkolaborasi dengan masyarakat, serta memperhatikan keberlanjutan sosial dan lingkungan. Jadi, paket mana yang akan kamu pilih?

Baca Juga: Materi Semester Awal Desain Produk

Pembukaan Kelas Seni Rupa dan Desain 2025-2026

Sekarang giliran kamu mulai merancang produkmu sendiri sebagai product designer masa depan! Melalui bimbel gambar, kamu nggak cuma belajar teknik gambar, tapi melatih kepekaan visual, kreativitas, dan meningkatkan kemampuan berpikir strategis layaknya mahasiswa seni dan desain. Jika kamu ingin masuk jurusan Desain Produk, DKV, Interior, atau jurusan seni lainnya, sekarang waktunya untuk memperkuat skill dan portofolio kamu di Bimbel Gambar Villa Merah!

Yuk, daftar sekarang dan wujudkan impianmu untuk menjadi mahasiswa seni dan desain 2026!

Kelas Seni Rupa Desain:

Kelas Arsitektur :

Sumber : Peminatan Desain Produk ITB

1 thought on “Terbaru! Inilah Peminatan Desain Produk ITB 2025”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top