Pengetahuan Kuantitatif

(Gambar. 1. Pexels-Nothing Ahead)

Pengetahuan Umum Pengetahuan Kuantitatif

Matematika tidak hanya dipelajari pada saat di bangku sekolah saja. Di setiap semester pasti selalu dibagi materi-materi yang sesuai tingkatan kelas dan kemampuan siswanya, dengan pembagian seperti itu, para siswa dapat memahami pemahaman dasarnya. Matematika itu membuat proses perkembangan pikiran kita menjadi lebih mudah berpikir lebih cepat  melalui pemikiran dalam mencari jawaban, memecahkan masalah menggunakan logika, serta  memahami kumpulan informasi kuantitatif atau angka.

Materi yang dipelajari selama sekolah dapat membantu kalian untuk mengerjakan soal yang diberikan pada saat tes masuk perguruan tinggi. Di dalam SNBT (Seleksi Nasional Berbasis Tes) ada materi yang dinamakan Pengetahuan Kuantitatif. Pengetahuan kuantitatif merupakan salah satu materi yang diujikan di dalam UTBK-SNBT.

Apa itu Pengetahuan Kuantitatif?

Pengetahuan Kuantitatif merupakan sebuah tes yang mengukur kedalaman dan luasnya pengetahuan yang terkait dengan matematika, yang merupakan pengetahuan yang diperoleh melalui pembelajaran dan mewakili kemampuan untuk menggunakan informasi kuantitatif dan memanipulasi simbol-simbol angka. Kemampuan ini mencakup pengetahuan mengenai ukuran perhitungan matematika, pemecahan masalah matematika, dan pengetahuan umum matematika.

Ukuran perhitungan matematika biasanya berada pada takaran materi-materi yang sudah dipelajari dulu pada saat di SD, SMP, dan SMA, dengan menentukan sejauh mana pengetahuan siswa tersebut menghitung hingga pada batasnya(takaran), lalu di dalam pemecahan masalah yaitu mengenai bagaimana cara siswa tersebut dapat men-solving problem masalah terkait perhitungan matematika pada umumnya. Begitu pula dengan pengetahuan umum matematika dalam menghitung menggunakan rumus yang ada, mengoperasikan, menyederhanakan, dsb. 

Pengetahuan kuantitatif tergolong lebih banyak dibanding materi Penalaran Kuantitatif yang salah satu kategori dari Penalaran Umum. Pada umumnya, materi pengetahuan kuantitatif lebih banyak mata pelajaran matematika pada jenjang SMA. Karena terkait dengan materi, seperti Aljabar, Akar dan kuadrat, Fungsi, Peluang, dll yang sebenarnya lebih sering dipelajari pada saat jenjang tersebut. 

Materi Umum Pengetahuan Kuantitatif

Pada saat UTBK nanti, kamu akan dihadapkan oleh berbagai materi yang berkemungkinan besar akan keluar dan harus dipelajari, yaitu:

  • Aritmatika
  • Himpunan
  • Garis dan Sudut
  • Teorema Phytagoras
  • Fungsi 
  • Persamaan Linear Bervariabel
  • Statistika
  • Probabilitas(Peluang)

Kamu akan dihadapkan materi seperti di atas, ini hanya materi dasarnya saja, dan kemungkinan soal-soal yang muncul akan lebih kompleks dari sesederhananya soal yang sudah dipelajari pada saat di sekolah. 

Mungkin, ini akan membantu kamu untuk meloloskan diri dari UTBK, Aku punya beberapa tips yang bisa kamu pakai untuk mengerjakan materi pengetahuan kuantitatif ini. 

Baca Juga: :Apa itu Tes Potensi Skolastik

Tips-tips mengerjakan soal Pengetahuan Kuantitatif

  1. Fokus terhadap soal 

Hal pertama yang kamu harus lakukan adalah teliti dan tetap tenang mengerjakan soal. Mulailah mengerjakan soal yang menurut kamu lebih mudah untuk dikerjakan dan jangan berfokus terhadap satu soal saja. Perhitungan penilaian kali ini tidak akan ada pengurangan poin pada setiap soal, yang dihitung hanya jawaban benar saja. Walaupun tidak ada pengurangan poin untuk soal yang tidak dikerjakan, setidaknya usahakan kamu kerjakan semua soal yang diberikan.

  1. Pahami konsep soal

PK merupakan bagian dari kompetensi kognitif, penguasaan materi konsep dasar adalah hal penting yang harus dikuasai, maka dari itu kalian harus paham betul-betul konsep dasar matematikanya. Langkah-langkah nya seperti ini:

  1. Pelajari dan pahami konsep dasar materi setiap topik,
  2. Kerjakan latihan soal subtes, per topiknya,
  3. Sering mengerjakan ulang materi dan soal latihan yang dikerjakan untuk menguatkan konsep pemahamannya, 
  4. Ikut Try Out. Try Out akan memudahkan kamu untuk mengetahui konsep dasar matematika mana yang akan sering muncul. Rasanya sama seperti mengikuti UTBK sungguhan, dengan waktu pengerjaan terbatas serta soal-soal yang cukup banyak. 

Baca Juga: Informasi Umum Mengenai SNBP 2024

Baca Juga: Simulasi UTBK-SNBT 2024, Langsung dari Kementerian

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top