Pengetahuan dan Pemahaman Umum (PPU)

Ada banyak materi yang ada di dalam materi UTBK tahun ini. Materi kali ini berbeda dengan materi tahun lalu (2022, 2021, …). Karena, materi kali ini akan memfokuskan ke arah yang lebih menggunakan penalaran dan berpikir secara logika. Di sini akan menjelaskan materi Pengetahuan dan Pemahaman Umum(PPU).  

Bagaimana pemahaman dasar materi PPU ini?

Kamu harus tau dulu PPU itu apa? 

Pengetahuan dan Pemahaman Umum merupakan kumpulan pengetahuan yang diperoleh seseorang yang meliputi kemampuan dasar dalam membaca, kelancaran membaca, dan keterampilan menulis yang diperlukan untuk memahami bahasa tulis dan ekspresi pikiran melalui tulisan. Kemampuan ini mencakup kemampuan-kemampuan dasar dan kemampuan yang lebih kompleks seperti memahami wacana tertulis dan menulis cerita. Artinya, materi ini fokus terhadap bacaan dan menulis. 

Bacaan dan menulis itu berbagai macam, ada yang menulis menggunakan aspek literasi, struktur bahasa, perhitungan cerita bahasa, dsb. PPU memperhitungkan cukup banyak hal dan diambil dari mata pelajaran yang ada di sekolah, seperti Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Bisa dibilang materi ini mencakupi semua hal yang ada di komponen Tes Potensi Skolastik. 

Tidak hanya itu, Penalaran Umum juga bisa termasuk, “PPU” merupakan “Pemahaman Umum”, tidak jauh dengan penalaran lainnya. 

Nah, di dalam kategori bacaan dan menulis, Kamu harus memahami cara membaca cepat atau skimming dan mencari cepat dengan sekilas yang disebut scanning. Semuanya bisa dipelajari dengan kamu memahami apa itu Reading Comprehension.

Reading Comprehension

Reading Comprehension merupakan kemampuan untuk memproses sebuah bacaan, memahami artinya dan mengimplementasikannya ke dalam bentuk simpulan. 

Terkadang ada juga soal yang harus memahami isi bacaan dari si penulis, kemudian simpulkan hal yang disampaikan tersebut. 

Biasanya teks tersebut muncul di sembarang artikel, tidak hanya bahasa Indonesia saja, Inggris pun ada. 

“Nah, manfaatnya apa kak?”

Manfaat dari mempelajari reading comprehension yaitu, kamu bisa cepat menanggapi atau menangkap sesuatu yang penulis sedang sampaikan. Sama seperti artikel dan juga di dunia perkuliahan, untuk menulis sebuah laporan atau skripsi, Kamu harus bisa menyampaikan pemahaman apa yang kamu dapat dan mengimplementasikannya kepada orang lain, serta dapat dipahami.

Baca Juga: Pengetahuan Kuantitatif – Tes Simulasi 2024

Materi Pengetahuan dan Pemahaman Umum 

Materi soal pengetahuan dan pemahaman umum (PPU) hampir sama seperti Pemahaman Bacaan dan Menulis (PBM) (nanti akan dibahas di halaman selanjutnya laman ini),

Tetapi PPU hanya berfokus pada pemahaman sebuah kata dari suatu teks. 

Berikut materinya, seperti ini:

  1. Kategori bahasa Indonesia, terdiri dari: 
  • Wacana
  • Konjungsi dan Kalimat
  • Kata, frasa, dan makna
  1. Kategori bahasa Inggris, terdiri dari: 
  • Reading Comprehension
    • Topic
    • Synonym
    • Author Related Question

Keseluruhan soal di dalam PPU sebanyak 20 soal dengan pengerjaan selama 15 menit.

Tipe-tipe soal Pengetahuan dan Pemahaman Umum

Kemungkinan soal yang muncul berbanding 50:50 bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

Contoh soalnya, seperti:

1.Kalimat Sebab-Akibat

Perhatikan kalimat berikut ini!

(1) Masyarakat bantaran Sungai Cisadane tidak pernah membuang sampah pada tempatnya.

(2) Para oknum dari perusahaan membakar hutan untuk membuka lahan baru.

Manakah di bawah ini yang menggambarkan hubungan pernyataan (1) dan (2)?

a. Pernyataan (1) adalah penyebab dan pernyataan (2) adalah akibat.

b. Pernyataan (2) adalah penyebab dan pernyataan (1) adalah akibat.

c. Pernyataan (1) dan (2) adalah penyebab, tetapi tidak saling berhubungan.

d. Pernyataan (1) dan (2) adalah akibat dari dua penyebab yang tidak saling berhubungan.

e. Pernyataan (1) dan (2) adalah akibat dari satu penyebab yang sama.

Pembahasan

Pernyataan (1) merupakan penyebab dari timbulnya banjir di sekitar Sungai Cisadane, sedangkan pernyataan (2) merupakan penyebab dari kebakaran hutan dan kabut asap yang tidak terkendali.

Jadi, yang menggambarkan hubungan pernyataan (1) dan (2), yaitu pernyataan (1) dan (2) adalah penyebab, tetapi tidak saling berhubungan. Jawaban (c)

2. Synonym

Question 1 is based on the following text.

There appears to be increasing numbers of children who specialize in a single sport at an early age. The lure of a college scholarship or a professional career can motivate young athletes to commit to specialized training regimens at an early age. However, the American Academy of Pediatrics recommends avoiding specializing in one sport before puberty.

The word lure in the text above is closest in meaning to …

a. plan

b. illusion

c. chance

d. appeal

e. thought

Pembahasan:

TRIK

Bacalah kata yang ditanyakan dalam kalimat pada bacaan, kemudian eliminasi pilihan jawaban.

Soal tersebut menguji pembaca tentang vocabulary. Pertanyaan tersebut menanyakan arti terdekat atau yang hampir sama dengan kata “lure” yang artinya memikat di paragraf 1. Perhatikan arti tiap pilihan jawaban maka arti terdekat dengan kata “lure” adalah jawaban appeal yang artinya menarik. Jawaban (D)

Baca juga: Pemahaman Kategori Penalaran Umum, Beserta Contoh Soal

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top