ARSITEKTUR UNIVERSITAS GADJAH MADA

Universitas Gadjah Mada berkedudukan di Yogyakarta. didirikannya pada tanggal 19 Desember 1949 lahirnya universitas ini lahir dari kancah perjuangan revolusi kemerdekaan bangsa Indonesia. UGM didaulat sebagai Balai Ilmu Pengetahuan dan kebudayaan bagi penyelengaraan Pendidikan tinggi nasional.

Nama Gadjah Mada juga memiliki makna tersendiri, mengandung semangat serta teladan mahapatih Gadjah Mada yang berhasil mempersatukan nusantara. Teladan ini diterjemahkan ke dalam rumusan  jati diri UGM sebagai universitas nasional, universitas perjuangan, universitas Pancasila, universitas kerakyatan dan universitas pusat kebudayaan.

Fakultas Teknik UGM

Saat ini Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada memiliki delapan jurusan yaitu:

  1. Jurusan Arsitektur dan Perencanaan
  2. Jurusan Teknik Elektro
  3. Jurusan Teknik Fisika
  4. Jurusan Teknik Geodeshi
  5. Jurusan Teknik Geologi
  6. Jurusan Teknik Kimia
  7. Jurusan Teknik Mesin dan Industri
  8. Jurusan Teknik Sipil dan Lingkungan

 

Fakultas Teknik UGM menjadi Lembaga pendidikan tinggi Teknik yang memiliki keunggulan dan bermartabat, berperan aktif dalam pengembangan, penerapan ilmu pengetahuan dan teknik,  serta berintegrasi tinggi, berbudaya, dan berasaskan pancasila.

Untuk memberi jaminan b ahwa Pendidikan yang diberikan tidak berbeda dengan berbagai perguruan tinggi di luar negeri, Fakultas Teknik saat ini banyak membina hubungan dengan berbagai perguruan tinggi di luar negeri. Baik dari Eropa, Amerika dan Asia (Jepang). Kerjasama ini terbina melalui pertukaran dosen, mahasiswa maupun kerja sama penelitian dan kesempatan melanjutkan pendidikan lanjut ke jenjang lebih tinggi untuk para lulusan Fakultas Teknik. Kerjasama dengan Pergguruan Tinggi di lingkungan Asean, Fakultas Teknik Juga sangat Aktif melalui kerangka Asean University Network (Aunseed Net) dimana Fakultas Ugm Menjadi salah satu anggotanya.

Ketika masuk Fakultas Teknik UGM yang pertama kali terlihat yaitu tugu Teknik yang berbentuk kubus. Namun dalam pembahasan kali ini akan membahas jurusan arsitektur dan perencanaan di UGM

Jurusan Arsitektur dan Perencanaan UGM

Arsitektur adalah jurusan yang paling arstistik di fakultas Teknik. Jurusan arsitektur dan perencanaan memiliki 2 program studi, yaitu arsitektur dan Perencanaan Wilayah Kota(PWK). Arsitektur biasanya mengarah ke perancangan bangunan, Gedung dan sebagainya. Kalau Perencanaan Wilayah Kota (PWK) lingkupannya lebih luas, seperti merancang real-estate, kota, atau wilayah. Tidak hanya itu PWK juga memperhitungkan letak atau lokasi dengan memperhatikan aspek kependudukan dan social-ekonomi juga.

Secara umum, arsitektur termasuk ke dalam disiplin Teknik, akan tetapi, arsitektur tidak sepenuhnya mempelajari aspek keteknikan dari suatu bangunan, namun juga aspek seni atau estetika dari bangunan tersebut.

Jalur Seleksi Masuk Ke Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada membuka tiga jalur seleksi yakni SBMPTN,SNMPTN dan Ujian Tulis UGM. Walau untuk masuk jurusan arsitektur UGM tidak ada ujian gambar namun siswa harus memiliki kemampuan/keahlian dalam teknis gambar. Karena hal tersebut adalah salah satu cara berkomunikasi arsitek secara consensus(pengambilan keputusan kelompok). Diawal perkuliahan mengolah Teknik menggambar freehand akan lebih banyak untuk belajar materi dasar.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top