Tips Membuat Gambar Naratif / Narasi

Narasi memiliki makna pengisahan suatu cerita atau kejadian. Naratif adalah rangkaian kalimat yang bersifat menguraikan menjelaskan dsb, dalam makna lain naratif di katakan sebagai prosa yang subjeknya merupakan suatu rangkaian kejadian yang dialami tokoh atau juga konflik antar tokoh akan menjadi bagian yang menarik di dalam sebuah naratif.

Lalu bagaimana mentransfer soal narasi kedalam bentuk gambar supaya menghasilkansebuah gambar yang menarik.Untuk membuat semuanya lebih mudah yaitu dengan menggunakan  rumus   5W+1H.

5W+1H adalah sebuah istilah yang umum di dunia  jurnalistik, namun tidak hanya dalam dunia jurnalistik. Dalam setiap penulisan informasi entah itu dalam teks berita atau apapun. Unsur 5W+1H yang terdiri dari What, where, why, when, who dan how, digunakan untuk menjamin bahwa sebuah informasi dapat tersampaikan dengan baik. Lalu, apa itu 5W+1H? apa itu pengertian dan penjelasan dari masing-masing bagiannya? Bagaimana contoh penerapan 5W+1H dalam sebuah gambar? Dalam artikel singkat ini kita akan sedikit memberikan penjelasannya.

5W+1H atau disebut juga dengan istilah “adiksimba” adalah unsur yang digunakan untuk memahami inti sebuah berita atau juga untuk menentukan suatu pokok berita. Suatu berita dapat dikatakan baik jika dapat menjawab unsur-unsur yang terdapat dalam 5W+1H .

Unsur-unsur dalam 5W1H sendiri meliputi:

  • What (apa)
  • Where (dimana)
  • When (kapan)
  • Who (siapa)
  • Why (mengapa)
  • How (bagaimana)

Dalam bahasa Indonesia, untuk memudahkan penghapalan ke 6 unsur ini maka dikenal singkatan ADIKSIMBA, merupakan singkatan Apa DImana Kapan SIapa Mengapa BAgaimana. 5W1H pada umumnya digunakan untuk mengembangkan suatu ide cerita baik itu berita, cerita fiksi dan cerita apa saja. Penggunaan unsur 5W1H membuat gambar memiliki alur dan inti yang jelas. 

Unsur-unsur 5W1H yang terdiri dari what, where, when, who, why dan how dapat dipahami dengan membaca rincian dari contoh gambar berikut ini:

gambar naratif

1. What (Apa)

What atau Apa merupakan unsur pertama yang wajib ada dalam suatu penulisan. Sebab, suatu tulisan pasti mempunyai tema atau inti cerita yang ingin disampaikan. Unsur what ini akan menjawab seputar pertanyaan apa yang sedang terjadi. Unsur what ini akan mendorong kalian mengumpulkan fakta sebanyak-banyaknya yang berkaitan dengan sebuah kejadian. Sebagai contoh unsur what dapat digunakan untuk membuat pertanyaan dalam menggambar.

What     : Suasana nobar pertandingan olahraga

2. Who

Mengetahui sebuah berita atau cerita tidak akan lengkap jika tidak mengetahui siapa yang terlibat didalamnya. Unsur who dalam 5W1H memfasilitasi anda untuk memberikan informasi seputar orang-orang yang terlibat dalam cerita yang Anda tulis. Selain pelaku utama dalam cerita, perlu dijelaskan pula pelaku atau orang-orang lain yang turut mendukung cerita tersebut bisa terbentuk.

Who      :  Aktifitas para penonton

3. When

Peristiwa yang diceritakan dalam sebuah berita atau cerita perlu dilengkapi dengan keterangan waktu yang jelas. Hal ini berguna untuk memberikan informasi yang akurat terhadap peristiwa yang terjadi tersebut.

When    : Sore hari (ditunjukkan dengan jam dinding)

4. Where

Suatu cerita yang jelas akan menjabarkan tempat kejadian sebuah peristiwa. Sebab, semua peristiwa pasti memiliki lokasi tempat kejadiannya. Hal ini untuk mendukung pembaca dalam memahami alur cerita disertai keterangan tempat yang jelas atas suatu peristiwa.

Where  :Di sebuah warung kopi

5. Why

Suatu peristiwa pasti terjadi bukan tanpa alasan. Oleh karena itu penggambar wajib untuk membubuhkan unsur why dalam tulisannya untuk menjelaskan sebab suatu peristiwa terjadi.

Why       : Nobar terjadi karena tim favorit melakukan pertandingan sepakbola.

6. How

How atau bagaimana, unsur ini mengharuskan penggambar untuk menjabarkan bagaimana proses terjadinya peristiwa tersebut. Penggunaan unsur how ini akan membantu pembaca memahami alur cerita serta dapat mendukung pernyataan atas unsur why yang telah dijabarkan sebelumnya.

How       :  Nobar adalah kegiatan nonton yang dilakukan secara bersama-sama

Ide cerita dalam berita tersebut masih dapat dikembangkan dengan menambahkan unsur-unsur lain selain 5W1H yang bisa memperkuat gambar tampak lebih menarik. Seperti misalkan beberapa penonton terlihat jatuh karena antusias dalam menonton pertandingan hingga air dalam gelas mengenai penonton lain.

Kesimpulannya untuk memudahkan dalam pencarian ide,  bedah soal narasi dengan menggunakan unsur 5W1H.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top