Informasi Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT)

SNBT ( Seleksi Nasional Berbasis Tes ) adalah sistem seleksi nasional penerimaan mahasiswa baru yang dikelola oleh Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) bekerja sama dengan PTN. SNBT ini menggantikan SBMPTN, ujian masuk perguruan tinggi negeri yang telah berjalan di tahun sebelumnya.

Sedangkan UTBK sendiri adalah Ujian Tulis Berbasis Komputer, ujian tulis yang wajib di ikuti oleh siswa jika ingin masuk perguruan tinggi lewat jalur SNBT.

Peserta yang mengikuti UTBK-SNBT 2023 akan dikenai biaya sebesar Rp 200.000. Peserta hanya diperbolehkan mengikuti UTBK sebanyak satu kali, dengan hasilnya untuk mendaftar SNBT 2023

Tahapan Pendaftaran UTBK-SNBT

Secara umum, tahapan pendaftaran UTBK-SNBT sebagai berikut: Registrasi akun SNBT :

  1. Wajib bagi semua calon pendaftar UTBK-SNBT menggunakan NISN, NPSN, dan tanggal lahir di laman https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id.
  2. Login: Menggunakan akun SNPMB di portal resmi.
  3. Menu verifikasi dan validasi data: Mengisi dan melengkapi biodata, unggah pas foto berwarna terbaru, dan verifikasi biodata serta unduh dan unggah pernyataan tuna netra
  4. Memilih menu pendaftaran UTBK-SNBT: Memilih program studi, mengunggah portofolio, memilih pusat UTBK PTN, dan memperoleh slip pembayaran biaya UTBK.
  5. Membayar biaya tes UTBK
  6. Mencetak kartu peserta UTBK-SNBT: Login ke laman resmi untuk memilih menu pendaftaran UTBK-SNBT untuk mengunduh kartu peserta UTBK

Persyaratan Mengikuti UTBK-SNBT

Berikut syarat lengkap bagi siswa gap year dan siswa yang akan lulus tahun 2023 untuk mendaftar UTBK SNBT 2023 :

  1. Memiliki Akun SNPMB.
  2. Warga Negara Indonesia (WNI) yang memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  3. Siswa SMA/MA/SMK/sederajat calon lulusan tahun 2023 harus memiliki Surat Keterangan Siswa SMA/MA/SMK Kelas 12 atau peserta didik Paket C tahun 2023 dengan umur maksimal 25 tahun (per 1 Juli 2023).
  4. Memiliki Surat Keterangan Siswa Kelas 12 disertai dengan foto terbaru (berwarna), stempel/cap sekolah dan tanda tangan Kepala Sekolah.
  5. Tidak lulus jalur SNBP 2023 atau SNMPTN pada tahun 2021, atau 2022.
  6. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses studi.
  7. Bagi peserta yang memilih program studi bidang Seni dan Olahraga wajib mengunggah portofolio.
  8. Bagi peserta tuna netra wajib mengunggah Surat Pernyataan Tuna Netra 9. Hasil UTBK 2023 hanya berlaku untuk mengikuti SNBT dan penerimaan PTN 2023

Cara Registrasi Akun SNPMB

  1. Membuat akun di laman portal SNPMB
  2. Kemudian membuka email verifikasi dan klik aktivasi akun
  3. Login menggunakan akun yang telah dibuat di portal SNPMB
  4. Memilih menu verifikasi dan validasi 5. Klik tombol perbarui data
  5. Memvalidasi data valid
  6. Mengisikan biodata yang diminta
  7. Unggah dan atur pas foto terbaru atau 3 bulan terakhir
  8. Melakukan simpan permanen
  9. Mengunduh bukti permanen

Materi UTBK

Materi yang akan diujikan dalam UTBK 2023 secara umum terdiri dari tiga jenis, yaitu tes potensi skolastik (TPS), literasi dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, serta Penalaran Matematika.

1. Tes potensi skolastik (TPS)

TPS mengukur kemampuan kognitif yang akan mengujikan kemampuan penalaran umum, kemampuan kuantitatif, pengetahuan dan pemahaman umum, serta kemampuan memahami bacaan dan menulis.

2. Literasi bahasa

Tes literasi dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris akan mengukur kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks untuk menyelesaikan masalah dan mengembangkan kapasitas individu agar dapat berkontribusi kepada masyarakat.

3. Penalaran Matematika

Ini akan mengukur kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehar-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top